Home » , » Namlung Si Raja Durian Bangka

Namlung Si Raja Durian Bangka

Posted by Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai on Saturday 2 February 2013

Durian namlung
Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

Bangka bisa jadi surga bagi para pengemar durian. Tidak perlu jauh-jauh ke luar daerah, banyak durian unggul yang bisa diburu di Bangka salah satunya adalah Namlung yang dibudidayakan oleh Atung warga Lingkungan Lubuk Kelik Kelurahan Parit Padang Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka.

Petani dari Koptan Lubuk Kelik Permai ini memiliki kebun durian Namlung kelas wahid. Bahkan durian miliknya sudah dinobatkan oleh Majalah Trubus sebagai durian paling enak dan mahal.

Durian ini juga sudah mendapat Sertifikat 53 dari Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian yang ditetapkan sebagai durian unggulan nasional.

Sekilas bentuk durian ini kurang menarik karena tidak proporsional, dari tangkai buah bentuk durian agak gepeng baru bulat ke bawah.

Namun ketika dibuka nampak isi durian yang tebal, dengan warna kuning pucat mengundang selera. Rasa durian Namlung ini sangat enak karena berlemak dengan rasa manis yang sedikit rasa pahit. Bahkan bijinya yang kecil sehingga pantas digelar si Raja Durian Bangka.

Tidak salah jika durian milik Atung ini menjadi incaran para penggila durian, kendati harganya mahal tetapi sebanding dengan kenikmatan yang terasa di mulut.

"Durian Durian Namblung saya jual Rp 50.000/kg untuk buah yang masih utuh. Biasanya beratnya sekitar 2 kg atau lebih," ungkap Atung didampingi Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Bangka Pan Budi Marwoto, Kahumas Pemkab Bangka Zakki Kazonli, Camat Sungailiat Rozali, Lurah Parit Padang Darwin, Petani Koptan Lubuk Kelik serta Penyuluh Pertanian Kabupaten Bangk kepada Bangkapos.com, Jumat (1/2/2013) saat jumpa pers Pemkab Bangka di kebun miliknya.

Diakui Atung, budidaya durian ini sudah dimulainya sejak delapan tahun lalu. Bibit durian Namlung ini dia dapatkan dari temannya, tetapi saat itu ia kurang percaya bibit durian ini varietas unggul.

"Biasanya kalau tahun kemarin nggak ada bijinya. Kalau tahun ini ada bijinya. Menurut informasi yang saya tahu, ada bijinya ini berarti penyerbukannya sempurna," kata Atung.

Di kebun miliknya ini untuk durian Namlung ini tidak banyak hanya sekitar 20 pohon. Selain Namlung ia juga menanam durian bangkok.

Thanks for reading & sharing Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Provinsi Kep. Bangka Belitung