Home » , , » Perang Bangka Terjadi Selama 40 Tahun

Perang Bangka Terjadi Selama 40 Tahun

Posted by Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai on Monday 28 January 2013

Laporan Wartawan Bangka Pos, Gilang Puspita

Dalam Buku Perang Bangka karya Akhmad Elvian disebutkan Perang Bangka terjadi selama sekitar 40 tahun. Peristiwa tersebut terjadi dari tahun 1812-1851 Masehi.

Perang tersebut terjadi dikarenakan perlawanan rakyat ketika bangsa asing kulit putih datang ke nusantara yang mendatangkan konflik dengan sistem yang telah terjadi di daerah tersebut.

"Ketika bangsa asing tersebut datang, mereka sudah menjumpai bahwa di daerah tersebur suda ada aturan hukum, adat, dan norma, sistem pemerintahan dan politik. Kedatangan bangsa asing menyebabkan konflik dengan kerajaan tradisional nusantara, karena kepentingan ekonomi, politik, sosial, dan budaya," kata Elvian, Kepala Disbudparpora Pemkot Pangkalpinang, Senin (28/1/2013).

Konflik tersebut menimbulkan perlawanan rakyat untuk menentang kolonialisme dan penjajahan. Penjajahan terjadi karena para penjajah inggris dan belanda menetapkan berbagai aturan yang memberatkan rakyat di daerah tersebut.

"Seperti kerja paksa, dihapuskannya kebebasan rakyat untuk menambang, serta tidak diakuinya adat-istiadat daerah yang menyebabkan perlawanan rakyat ketika itu. Monopoli dari bangsa asing membuat terjadinya Perang Bangka ini," ujar Elvian.

Thanks for reading & sharing Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Provinsi Kep. Bangka Belitung