Home » , » Kue Rintak, Kuenya Orang Bangka

Kue Rintak, Kuenya Orang Bangka

Posted by Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai on Friday 15 June 2012

Kue Rintak bangka adalah kue tradisional Bangka. Kue jadul tapi masih enak di lidah. Kue Rentak atau lebih dikenal dengan nama Kue Sagu adalah penganan khas Pulau Bangka yang banyak dijumpai di toko-toko makanan daerah di Pulau Bangka.

Terbuat dari sagu, gula dan sebagainya memang klop disajikan dengan secangkir kopi atau susu. Kue Rentak tidak hanya disukai orang tua namun anak-anak dan remaja. Pada saat lebaran, Kue Rentak merupakan kue yang selalu ada di setiap rumah masyarakat dan selalu habis terakhir pada saat lebaran. Kue ini mudah sekali dibuat sehingga hampir semua masyarakat Pulau Bangka mampu membuatnya.

kue rintak Sangat cocok dikonsumsi sebagai cemilan. Kue ini pada umumnya dihidangkan kepada para tamu, kerabat, keluarga, dll pada susana perayaan lebaran, tahun baru, selamatan, dan event lainnya.

Bahan pembuatan kue rintak bangka:
3 kg tepung sagu
1 kg tepung terigu
6 btr telur
3 btr kelapa ukuran besar (ambil santannya)
3 keping gula aren
1 kg gula pasir
2 bks vanili

Cara :
Kepala diparut dan diambil santannya, kemudian dimasak bersama dengan gula aren, diaduk-aduk terus diatas api hingga mengental. Angkat adonan dan tiriskan/saring. Agar kotoran dari gula aren terbuang. Adonan diaduk hingga dingin.
Kemudian kocok telur utuh, campurkan ke dalam adonan gula tadi.
Sagu dan terigu disangrai hingga masak, tujuannya agar kue yang dihasilkan merekah dan mengembang dengan sempurna.
Untuk mencetak adonan, jangan dicampur langsung sekaligus dengan bahan kering (sagu + terigu) tapi dimasukkan bersedikit demi sedikit.
Caranya ambil sebagian adonan gula + telur campurkan sagu + terigu, aduk rata lalu pipihkan adonan di atas wadah, olesi bagian atasnya dengan minyak kelapa agar mudah dicetak. siap dipanggang.

Thanks for reading & sharing Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Provinsi Kep. Bangka Belitung