Home » , , » Pesona Pulau Semujur, Bangka Tengah

Pesona Pulau Semujur, Bangka Tengah

Posted by Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai on Tuesday 15 May 2012

pulau semujur 
Wisata Pulau Semujur terletak bersebelahan dengan Pulau Panjang, tepatnya Kabupaten Bangka Tengah Namun, berbeda dengan Pulau Semujur yang cukup banyak dihuni oleh penduduk, Pulau Panjang merupakan pulau yang tidak dihuni oleh masyarakat. Ada sekitar 20 pondok yang terdapat di Pulau Semujur yang dihuni oleh masyarakat mayoritas bugis yang berasal dari Desa Tanjung Gunung.

Luas Pulau ini kurang lebih 57,11 Ha, pulau semujur banyak dikelilingi dengan pohon kelapa menambah indahnya pulau ini. Bagi wisatawan yang ingin kesana dapat menggunakan speed boat bisa dari Desa Batu Belubang atu Desa Kurau.

Dengan air laut yang jernih berwarna biru sehingga kita dapat memandang dengan jelas terumbu karang yang terlihat elok, ikan karang, tridacna dan biota karang khas lainnya banyak ditemui di ekosistem terumbu karang Pulau Semujur.
pulau semujur


Karang tepi di Pulau Semujur relatif tipis, namun memanjang mengelilingi pulau. Ekosistem terumbu karang yang terdapat antara Pulau Semujur dan Pulau Panjang sangat menakjubkan. Karang terlihat sangat asri, memiki keanekaragaman jenis karang yang tinggi dan kaya akan biota. Berjarak sekitar 600 meter dari tepi pantai Pulau Semujur. Tempat ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk dijadikan lokasi snorkling.

Thanks for reading & sharing Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Provinsi Kep. Bangka Belitung