Home » , , » Legenda Timah di Kelapa, Bangka Barat

Legenda Timah di Kelapa, Bangka Barat

Posted by Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai on Friday 22 November 2013

Kelapa adalah nama salah satu daerah yang ada di kawasan Bangka Barat, merupakan daerah penghasil timah juga, namun timah di daerah ini berbeda dengan timah-timah dari daerah lainnya.

Pada dasarnya, wilayah Kelapa memiliki kandungan timah, sama dengan daerah-daerah lainnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babl) ini. Namun berbeda, jika timah di luar wilayah Kelapa laku dijual, sedangkan timah di Kelapa sendiri tidak ada nilainya, karena kadarnya sangat rendah atau bahkan tidak berkadar sama sekali alias kopong. 

Mengenai penyebab timah kopong, kisahnya masih menjadi legenda tersendiri di tengah masyarakat daerah Kelapa. Camat Kelapa H Sunatro mengakui adanya legenda itu, dan hingga saat ini masih dipercaya oleh masyarakat. 

Menurut legenda, cerita Sunatro, timah di Kelapa disumpah atau disarat oleh para orang tua zaman dulu yang hidup pada masa zaman penjajahan Belanda. "Mengetahui kaum kolonialis Belanda akan masuk ke Kelapa, dikhawatirkan penjajah akan menggali dan mengambil timah dari bumi Kelapa. 

Maka timah disini disarat oleh orang tua di zaman itu, disumpah agar kopong, kisah ini melegenda secara turun menurun sampai sekarang," kata Sunatro kepada bangkapos.com Minggu (17/10/2013).

Camat Kelapa H Sunatro menuturkan bahwa orang tua di Kelapa (Suku Do dan Empeng) yang hidup pada zaman Belanda, dengan legendanya memberikan 'sarat' ke timah. Alhasil, menurutnya timah di daerah ini kadarnya menjadi rendah. 

"Orang tua zaman dulu dari Suku Do dan Empeng, telah berpikir untuk jangka panjang yakni untuk kepentingan generasi berikutnya agar mewarisi bumi yang utuh tanpa kerusakan," kata camat kepada Bangkapos.com, Minggu (17/10/2013). 

Dikatakan, timah di Kelapa, legendanya telah 'disarat atau diasal' sehingga timah menjadi hampa/kopong. "Timah disini sampai di sarat atau di asal, karena orang tua dulu sayang dengan tanahnya, sehingga timah itu jadi kopong karena di sarat atau di asal tadi," ujar camat.

Thanks for reading & sharing Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Provinsi Kep. Bangka Belitung