Home » , » Underwater Pulau Siadong, Belitung Timur

Underwater Pulau Siadong, Belitung Timur

Posted by Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai on Tuesday 22 May 2012

terumbu karang pulau siadong
Pulau Siadong terletak antara Pulau Buku Limau dan Pulau Memperak di gugusan kepulauan Belitung di Kab. Belitung Timur. Vegetasi pada pulau ini terbagi menjadi 2 kelompok besar. Pada bagian luar yang mengelilingi pulau merupakan vegetasi yang didominasi dari jenis mangrove. Sedangkan bagian dalam bervariasi dan umumnya merupakan vegetasi pesisir seperti kelapa (cocos nucifera), Ketapang (Terminalia catappa) dan beberapa jenis pohon lainnya.

Di area terluar pulau berbatasan dengan mangrove dan perairan terdapat terumbu karang sekaligus sebagai penanda untuk masuk ke dalam area pulau. Terumbu karang yang indah dan bervariatif sebagai habitat berbagai jenis ikan.

Keistimewaan dari Pulau Siadong adalah tempat berlindung bagi para nelayan jika cuaca kurang bagus. Hal ini disebabkan karena tata letak tempatnya yang terlindung diantara beberapa pulau. Sehingga para nelayan mengidentikkan bahwa Pulau Siadong adalah Hotelnya para nelayan. Tak kalah dengan pulau Memperak, pulau ini juga menjadi habitat penyu dan sisik.

Thanks for reading & sharing Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Provinsi Kep. Bangka Belitung