Home » » Kepunan dalam Adat Masyarakat Bangka

Kepunan dalam Adat Masyarakat Bangka

Posted by Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai on Saturday 19 May 2012

Dalam perkembangan budaya di Bangka Belitung, dikenal istilah kepunan yang lazim di sebut juga kepon (bahasa bangka). Nah, untuk mengatasi kepunan yang berimplikasi datangnya balak / musibah tak terduga itu dalam adat istiadat Bangka ternyata ada cara untuk mengatasinya. Ritual budaya yang unik ini ternyata pernah dilakukan banyak masyarakat Bangka dahulu kala.

Pada masa kecil dulu, kita selalu di wanti-wanti oleh orang tua untuk menghindari balak / musibah dengan malet (mencicipi makanan; terutama nasi & kopi) supaya tidak kepon. Dan tidak lupa juga diajarkan cara mudah bila tidak sempat melakukan malet itu. Bahkan terdapat beberapa kalimat yang selalu dijadikan semacam mantera.

Ritual itu terdiri dari beberapa kalimat melayu Bangka ditambah sedikit gerakan yang harus dilakukan oleh kita.

Mantera / kalimat yang diucapkan :

PAN PIN PUN, JANGAN BALAK JANGAN KEPUN
REJEKI DEKET DEKET, BALAK JAUH – JAUH . . .

Gerakan yang harus dilakukan adalah :
- Meludah ke kiri dan kanan, ke sebelah kanan dulu baru ke sebelah kiri kita.
- Menyentuh lidah dengan jari telunjuk (hingga terkena cairan di lidah), kemudian di jari telunjuk itu di sentuh pada siku tangan. Hal ini dilakukan pada kedua belah siku tangan kita.

Nah untuk ritual PAN PIN PUN ini, kebanyakan anak – anak kecil dulu hampir selalu melakukannya saat akan pergi ke hutan, kebun, sungai dan tempat lain yang jauh dari rumah. Adakalanya kalimat PAN PIN PUN itu kita lakukan bersama teman dengan berbarengan.

Budaya semacam itu ternyata mulai punah dari kebiasaan masyarakat Bangka Belitung. Seperti halnya budaya besaoh dan lain – lainnya. Masih terngiang kalimat itu dengan jelas hingga kini, walaupun tidak lagi  lakukan.

Hehehe, kalau saja anda orang Bangka ataupun punya teman / saudara dari Bangka. Pernahkah melakukan hal yang sama ? Yakin dah pasti pernah juga melakukan ritual serupa.

Banyak sekali budaya dan adat istiadat Bangka Belitung yang unik dan dilakukan masyarakat sejak dulu.

Thanks for reading & sharing Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Provinsi Kep. Bangka Belitung