Home » » Cerita Rakyat: Hantu Pulau Bangka

Cerita Rakyat: Hantu Pulau Bangka

Posted by Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai on Saturday 12 May 2012


Melihat Banyaknya pengunjng yang mengunjungi postingan tentang hantu pulau bangka ini, maka admin akan mengupdate tentang cerita tentang hantu pulau bangka ini. Dunia horor memang sesuatu yang sangat membuat penasaran dan membuat orang ingin mengetahuinya lebih lanjut. Disetiap daerah pasti juga memiliki ceritanya sendiri tentang hantu. Saya rasa setiap daerah memiliki kesamaan dari hantu-hantu yang ada tetapi hanya beda dari namanya saja.

Saya menulis ini bukan berarti ingin membuat anda mempercayai 100% tentang hantu yang ada, anda boleh percaya atau tidak. tapi berdasarkan cerita turun temurun dari orang-orang terdahulu, terdapat banyak sekali cerita tentang hantu ini. Mari kita bahas satu persatu tentang Hantu Khas di pulau Bangka.
  • “Mencadin”. Mencadin menurut cerita sebagaian besar masyarakat Bangka dikenal dengan sosok hantu yang menyerupai pocong yang berbau busuk. Konon asal muasal hantu ini adalah sosok manusia yang dalam perjalanan hidupnya sering melakukan kemaksiatan, oleh sebab itu lah dalam konsep keagamaan sosok manusia seperti ini ketika mati tidak diterima “bumi” sehingga arwanya gentanyangan samapi 40 hari kematiannaya.
  • “Mawang” adalah sosok hantu khas Bangka Berikutnya. Mawang adalah hantu yang tinggal di hutan-hutan belantara yang konon katanya memiliki kuku-kuku yang sangat panjang dan tanjam berbadan besar serta berambut panjang. Mawang juga dikenal hantu penggangu hewan-hewan peliharaan masyarakat. Biasanya hewan-hewan peliharaan masyarakat dimangsa dan dimakan pada bagian hatinya saja. cerita rakyat tentang sosok mawang ini memang masih mejadi mistri sampai sekarang. Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat bangka, tidak boleh menyebutkan nama "Maw*ng" ini, karena jika namanya disebutkan ia akan datang menghampiri. sedikit serem juga ya, tapi anda boleh percaya ataupun tidak.
  • “Nek Gergasi”. Berdasarankan cerita lama Nek gergasi adalah sosok hantu yang berwujud nenek-nenek tua yang memiliki kuku serta taring yang panjang, dengan rambut panjang yang terurai sampai mata kakinya. Sosok Nek gergasi biasanya muncul ketika ada sebuah kelahiran bayi di suatu desa, hawa darah yang masih segar mengundang dahaga sie Nek gergasi. Nek gergasi di yakini sebagian masyarakat Bangka sebagai wanita yang menganut ilmu sesat sehingga memiliki kebiasaan yang amat menakutkan.
  • “Penebuk Ati”. Menurut legenda lama di Bangka Penebuk Ati adalah sesosok manusia jahat berhati hantu  yang mengincar kepala anak-anak kecil. Penebuk ati lebih dikenal hantu jagal. Konon hantu ini adalah mitos yang dibuat-buat oleh masyarakat untuk menakut-nakuti anak-anak kecil agar tidak berkeliaran main dihutan.
  • “Sumiati”. Konon dulu di sebuah desa di Pualu Bangka dihebuhkan dengan cerita Gadis perawan yang mengalami depresi hebat sehingga membuat dia hilang kesadaran jiwa normalnya dan kemudian lari kehutan. Hantu ini konon akan membunuh laki-laki yang ditemuinya dihutan karena hantu ini dulu mengalami kisah yang suram bersama laki-laki.
  • "Anton". Kedengarannya seperti nama orang. Anton ini adalah sosok hantu kepala terbang dan berapi. sosok hantu ini merupakan sosok orang yang mengamalkan ilmu hitam. Hantu Anton ini biasanya terbang mencari anak-anak yang baru lahir dan menghisap darah mereka. disebutkan bahwa itu supaya penganut ilmu hitam tersebut bisa tetap awet muda dengan menghisap darah bayi yang baru lahir. Tak heran jika ada yang melahirkan selalu diletakkan gunting kecil dan yasin di sekitar bayi dan di luar kamar bayi setiap malamnya selalu dinyalakan obor. 
  • "Buyut" adalah hantu air, dikatakan bahwa buyut ini adalah antu aik (hantu air). Buyut ini biasanya menghisap orang yang sedang berenang di sungai. Diceritakan bahwa buyut ini seperti pusaran air yang akan menelan orang yang sedang berada di air. Banyak insiden terjadi di sungai, ada pula yang meninggal dunia. kata orang bangka, itu karena dihisap Buyut. Cerita buyut ini boleh dipercaya atau tidak, tetapi secara logikanya, kita harus berhati-hati jika ingin mandi di sungai, karena biasanya di sungai terdapat juga palung-palung (atau bekas galian) yang membuat kita terperosok kedalamnya.
  • "Antu Pulong" yang merupakan api terbang, biasanya sering hinggap dipohon2 tinggi dan membakar pohon tersebut. Antu pulong tidak jauh beda dengan anton, hanya saja modelnya berbeda. (Tambahan dari komentar)
  • "Antu Lelep" yang berbadan besar, berbulu seperti lutung, biasanya berada di air yang banyak ikannya, karena dia pemakan ikan dan sering mengganggu orang mancing. Bagi saya itu fakta, karena saya pribadi sudah pernah melihat diwaktu mancing bareng temen dimalam hari. (Tambahan dari komentar)
  • "Antu Berasu" Hantu yang mempunyai sekumpulan anjing, keluar malam hari, di hutan-hutan. Kalau suara anjingnya terdengar kuat, berarti jauh dan bila terdengar sayup-sayup, berarti sudah dekat. (Tambahan dari komentar)
Mungkin itu beberapa nama hantu di bangka, cerita di atas merupakan cerita seara turun temurun, anda boleh percaya ataupun tidak. Semoga ini bisa menambah wawasan dan informasi serta pengetahuan anda tentang pulau bangka.

Thanks for reading & sharing Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai

Previous
« Prev Post

29 komentar:

  1. serem... lebih banyak lagi ternyata jenis hantu indonesia...

    ReplyDelete
  2. Salam kenal Bang Infonya menarik, semoga Bangka semakin di kenal salamBlogger Bangka

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum...Wr..Wb.
    Sip bang ceritanya, Tapi Dalam Ajaran Islam...Dan setau saya Kalo Orang Yang Sudah mati Itu Rohnya Kembali Keasal(Allah SWT. Dan Gentayangan itu Adalah Jin, Yang bisa menyerupai apa aja....
    Jika masyarakat setempat Sangat sering Meyakini Bahwa org yang Mati Gentayangan Otomatis JIn Kafir khususnya, dia akan Menjadi jadi, sehingga Masyarak at setempat Meyakini adanya hal-hal tersebut.....
    Dan Jadilah Kepercayaan dan takut akan Hal tersebut/mitos....
    intinya: Kita itu selama masih Menyebut lailahaillallah.... (Tiada tuhan melainkan allah)...
    tidak perlu ada yg harus Ditakuti Kecuali allah Swt...

    Dan Diingatkan Jika ada cerita Seperti Gentayangan Segala Macam Itu adalah Jin....
    Apalagi jin kafir Yg Suka Membuat Orang Menjadi Musryk........

    Wassalamualaikum...Wr...Wb

    ReplyDelete
  4. Mencadin adlh pocong bangka/mayat yg d peralat qorin atau setan. Mawang adlh binatang sejenis beruang yg sudh punah d p.bangka skrg ini(oleh org tua dulu dianggap hantu atau setan) penebuk ati (tebuk ati/hati) sekelompok oknum yg tdk bertnggung jwb /org byran mencari kepala/hati anak-anak untuk tumbal. Hantu sumiati adlh seorg wanita sumiati) tepat d tHun 1985 d desa pudingbesar kejadiannya(nyata), depresi dan kerasukan masuk hutan membuat heboh sekampung dan kampung sekitarnya akhirnya tokoh masyarakat dan tokoh agama turun tangan. Sempat tertangkap tapi menghilang sampai sekarang. Tapi tidak benAr kalau si sumiati sampai membunuh org. Sayang pd saat kejAdian itu saya sendiri masih sd jadi ikut ikutan geger ketakutan. Jadi nggk ikut ikutan cari sumiati ala pemburu hantu. Segitu aja yg saya ketahui mngenai cerita hantu bangka ku

    ReplyDelete
  5. mantep ne bro, .tapi lbh baik d.sertai gambarnya, .gxgxgxgxgx "peace"

    www.nyimak.p.ht

    ReplyDelete
  6. hantu penebuk ati gak tau ya gak pernah denger, tapi kalo cerita nya sering mengincar kepala anak2 kecilato uang itu pernah denger tapi namanya hantu anton, yaitu mirip leak di pulau bali, hantu kepala terbang yg mengincar anak2 kecil yg masih bayi dan uang2 serta perhiasan,

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan nya penebuk ati cuma tahayul buat nakutin anak2 ?

      Delete
  7. Agik ade yang name e "antu berasu" Hantu yang mempunyai sekumpulan anjing, keluar malam hari, di hutan-hutan. Kalau suara anjingnya terdengar kuat, berarti jauh dan bila terdengar sayup-sayup, berarti sudah dekat.

    ReplyDelete
  8. boleh izin share gk gan di blog ane?

    ReplyDelete
  9. Silahkan di publish, jngan lupa cantumkan sumber

    ReplyDelete
  10. wah banyak juga jenis hantu di bangka

    ReplyDelete
  11. jangan lupa masih ada hantu "KULUNG" HAHHAA

    ReplyDelete
  12. Hantu "sumiati" nama hantu yg legendaris, orang2 tua prcya dngan crta tsb.
    Ad lgi hntu yg smpat mnghebohkan kota pangkalpinang yaitu hantu muka hancur "antu muka buruk" dengan crtanya langdung mrinding.

    ReplyDelete
  13. iiiiihhhhhh, seram banget hantu hantu disana ya? khas banget, menyeramkan, jadi takut nih,

    ReplyDelete
  14. ada lagi buyut aik..mungkin masuk kelas mahluk goib jg. biasanya di air /semacam kuncennya air, waktu kecil orang2 tua sering nasehatin jgn mandi ke tengah2 kolong air/sungai..nnti dihisap buyut aik..hihihi

    ReplyDelete
  15. muke sebelah

    ReplyDelete
  16. nek gergasi..mantap..!!!!!

    ReplyDelete
  17. Masih ada lg blom bro,yaitu "Antu Pulong" yg mrupakan api terbang,biasanya sering hinggap dipohon2 tinggi dan membakar pohon tsb. Antu pulong tdk jauh beda dgn anton,hanya saja modelnya brbeda,terus jg ada"Antu Lelep" yg berbadan besar,berbulu sprti lutung,biasanya berada di air bnyak ikannya,krn dia pemakan ikan dan sering mengganggu org mancing. Bagi aku itu fakta,krn aku pribadi udh pernah melihat diwaktu mancing bareng temen dimalam hari.

    ReplyDelete
  18. agik ade name ah baye darat tengkurep...suka makan ati wanita.... ha ha ha

    ReplyDelete
  19. Halo Kami dari www.indonesiavirtual.com ingin mengajak rekan rekan blogger untuk berpartisipasi dalam gerakan #KenalIndonesia.

    Silahkan visit www.indonesiavirtual.com untuk melihat koleksi foto 360 derajat tentang Indonesia dan silahkan copy embed code Pulau Lengkuas untuk menarik file foto 360 derajat tersebut ke dalam blog kalian. Ayo bantu misi kami untuk "mengibarkan bendera" Indonesia ke dunia!

    Link Embed Code Pulau Lengkuas di sini :

    http://indonesiavirtual.com/index.php?option=com_jumi&fileid=11&Itemid=109&id_img=88

    Salam #KenalIndonesia

    Notes : pertanyaan lebih lanjut silahkan email Support@indonesiavirtual.com

    ReplyDelete
  20. masih ada hantu burung kuek...hantu berbentuk bebek yang terbang terbalik...kalau suaranya jauh hantunya dekat...kalau suara nya dekat hantunya jauh...biasanya ini hantu peliharaan orang..

    ReplyDelete
  21. tambahan min : burung kuek, antu kuyang

    ReplyDelete
  22. Ada lagi gan namanya antu mertua :D

    ReplyDelete
  23. Mencadin kek mawang ya yang lah pasti e,
    Jadi tekeneng waktu 3 taon yang lalu,dipereh mencadin gara gara besumbear,ngenakot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ad lagi, antu cinpandek
      Katanya orang cina Yang main ke hutan terus tersesat
      dia mati disana ga balik lagi,terus kalo ada anak yang maen di hutan sampai "gura/gurek" atau kesenengan bisa kerasukan di hutan atau disembunyiin

      Delete
  24. Itu yg antu lelep kok mirip bigfoot ya gaya2nya... itu dihutan lebat penuh pohon tinggi bukan? Berbau kentang ga? Kalo iya itu bukan hantu... itu mah bigfoot

    ReplyDelete
  25. Di blinyu ado antu mukosebelah.di tg gudang

    ReplyDelete

Provinsi Kep. Bangka Belitung