Home » , , » Benteng Toboali, Peninggalan Gagah di Selatan Bangka

Benteng Toboali, Peninggalan Gagah di Selatan Bangka

Posted by Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai on Saturday 7 December 2013

Liburan ke Bangka jangan cuma mampir di pantai saja, cobalah datang ke Benteng Toboali. Inilah benteng gagah yang sudah ada sejak masa kolonial dulu.

Anda yang pernah ke Pulau Bangka, atau paling tidak tahu akan pulau penghasil lada itu, pasti mengira bahwa pantai adalah potensi wisata satu-satunya daerah itu. Jangan salah, selain diberkahi pantai-pantai elok, Pulau Bangka juga menyajikan alternatif wisata lain yang sayang bila dilewatkan.

Wisata sejarah misalnya, salah satunya adalah Benteng Toboali yang tepat paling ujung Kota Toboali, Ibukota Kabupaten Bangka Selatan. Lantas, apa istimewanya tempat ini sehingga harus dikunjungi.

Nah, tentu saja Benteng Toboali punya keistimewaan yang dimilkinya. Selain nilai historis yang sudah pasti ia miliki, dari benteng ini kita bisa melihat Kota Toboali dari dataran tinggi. Benteng Toboali memang terletak sedikit lebih tinggi dari banguan yang ada di seputarnya, termasuk rumah penduduk yang berjejer di hadapannya.

Selain itu, dari benteng ini pula kita bisa menyaksikan keindahan Pantai Nek Aji, salah satu pantai yang ada di wilayah Kota Toboali. Angin sepoi-sepoi yang bertiup dari selatan menambah susana menjadi lebih sejuk.

Menurut cerita, Benteng Toboali dibangun sekitar tahun 1825 oleh pemerintah kolonial Belanda kala itu. Sudah lama sekali bukan?

Belanda sengaja membangun benteng ini untuk melindungi pertambangan timah yang kala itu melimpah di Pulau Bangka, utamanya daerah Toboali, sekaligus menjadi tempat pengawasan Belanda akan kemungkinan musuh merebut daerah kekuasannya itu.

Apabila merujuk pada tahun benteng itu dibangun, Benteng Toboali bisa jadi menjadi salah satu benteng tua di negara ini. Apalagi bisa diperhatikan secara fisik, Benteng Toboali sebagain besar memang sudah hancur. Pemerintah daerah setempat sepertinya sengaja membiarkan kondisi benteng seperti adanya, supaya terkesan alami.

Namun, justru kondisi Benteng Toboali yang seperti itulah yang menurut saya menjadi salah satu daya tarik Benteng Toboali. Warnanya yang kecoklat-coklatan, dipadu dengan akar pohon yang merambah pada sebagian sisi pohon membuat eksosisme Benteng Toboali kian terasa.

Jadi, tunggu apalagi, segeralah bertandang ke Benteng Toboali. Apalagi untuk datang ke tempat ini aksesnya cukup mudah, sebab benteng ini berada di Kota Toboali, pusat kegiatan masyarakat Kabupaten Bangka Selatan.

Thanks for reading & sharing Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai

Previous
« Prev Post

2 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Memang bagus view di benteng itu...saya pernah kesana tahun 2010... ini sebagai salah satu wisata sejarah di Pulau Bangka...
    https://www.facebook.com/photo.php?fbid=108469522513487&set=a.105633722797067.12171.100000513203625&type=3&theater

    ReplyDelete

Provinsi Kep. Bangka Belitung