Home » , » Pulau Panjang Bangka Tengah, Tempat Penyu Bertelur

Pulau Panjang Bangka Tengah, Tempat Penyu Bertelur

Posted by Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai on Wednesday 16 May 2012

karang pulau panjang
Pulau Panjang terletak disebelah utara Pulau Semujur. Sesuai dengan namanya, pulau ini berbentuk memanjang. Bahkan saat surut, tampak gusung pasir yang sangat panjang yang terdapat disebelah utara pulau ini. Pulau ini berjarak hanya sekitar 600 meter laut dari Pulau Semujur. Berbeda dengan Pulau Semujur yang banyak terdapat penduduk, pulau ini termasuk pulau yang tidak berpenghuni. Untuk ke Pulau Panjang dari kota Pangkal Pinang, Depati Amir  menuju Koba, Bangka Tengah membutuhkan waktu sekitar 2 jam

Menurut informasi yang diperoleh dari penduduk semujur, saat bulan purnama, banyak penyu yang bertelur di Pulau Panjang. Pulau ini banyak ditumbuhi pepohonan khas flora tropis pesisir yang menghijau. Namun berbeda dengan Pulau Semujur dan pulau ketawai yang banyak ditumbuhi oleh banyak pohon kelapa, di Pulau Panjang hanya sedikit ditemui pohon tersebut. Disebelah barat terdapat mangrove jenis Rhizopora, Avicennia dan Bruguiera.


pulau panjang

pulau panjang

Hamparan karang tampak berwarna kecoklatan jika kita lihat dari permukaan. Namun kondisinya hampir sama, tertutup sediment dan terdapat banyak bulu babi. Terumbu karang disebelah selatan kondisinya jauh lebih baik daripada disebelah barat. Kondisi karang (reef) yang termasuk tipe karang tepi termasuk dalam kategori sedang.

Jenis ikan yang berada di sekitar pulau ini pun beragam. Tak susah untuk makan ikan, jika suka bertualang dan mengambil lokasi Pulau Panjang sebagai tempat mendirikan tenda. Dengan berbekalkan  jaring kecil, banyak ikan yang bisa didapatkan. Dan jangan takut kesulitan mendapatkan air tawar, sebab walaupun pulau ini tidak terlalu luas, namun terdapat sumber air tawarnya.

Thanks for reading & sharing Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Provinsi Kep. Bangka Belitung