Wednesday, 30 May 2012

Pemkab Bangka Barat Patenkan Teh Kayu

teh kayu (radarbangka.com)
MUNTOK - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, pada 2012 ini berupaya mematenkan hak atas teh tayu, sejenis teh asli daerah setempat yang memiliki cita rasa tinggi dan diyakini mampu memberikan manfaat lebih dari jenis teh lainnya. "Kami sedang berupaya mematenkan produk tanaman teh yang banyak terdapat di Desa Ketap dan Mislak Kecamatan Jebus agar tidak diklaim daerah atau negara lain," ujar Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bangka Barat Kemas Arfani Rahman, kemarin.

Ia menjelaskan bahwa pihaknya telah mengusulkan kepada Pemkab, Pemprov Babel dan pihak PT Sucofindo untuk segera meneliti teh tersebut terkait kepentingan pemberian hak paten bagi produk teh ikon Bangka Barat tersebut. Menurut dia, selain mematenkan produk tersebut, pihaknya juga sedang mengupayakan penelitian kandungan, komposisi dan manfaat dari teh tayu dengan mengundang BP POM, Dinas Kesahatan dan pihak terkait untuk melakukan penelitian ttersebut. "Menurut informasi dari mulut ke mulut, teh tersebut mampu menghilangkan rasa pusing, memberikan relaksasi, menambah nafsu makan dan menurunkan tekanan darah, namun semua itu harus dapat dipertanggungjawabkan melalui penelitian ilmiah," ujarnya.

Tuesday, 29 May 2012

PS BANGKA, CIKAL BAKAL PERSEPAKBOLAAN PROFESIONAL BABEL

Skuad PS Bangka menghadapi Persikad Depok dalam laga away Group IV babak penyisihan Divisi I PSSI, Sabtu (21/1/2012).  sumber :tribunnews.com
Mengutip artikel dari bangka pos...

Laporan Wartawan Bangka Pos Deddy Marjaya
BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Indra Maulana mengatakan kedatangan mereka menemui Ketua DPRD Selasa (29/5/2012) karena PS Bangka sangat membutuhkan suntikan dana. Pengkab PSSI Bangka telah mengajukan dana sebesar Rp 2,5 Miliar kepada Pemkab Bangka yang rencananya akan dimasukkan dalam ABT APBD 2012 mendatang.

Monday, 28 May 2012

Lokal Wisdom Belitong, Budaya Laut Budaya Pemersatu

bangka pos
Tak ingin hanya terbawa gelombang globalisasi, Belitong pancangkan terus kearifan lokalnya.

Hai rondeng si paku tanding
Kepiting dirasa-rasa
Bawang putih bawang merah
Si yang kampit tutup mata

Lagu satu bait itu dinyanyikan anak-anak dalam satu putaran permainan Hai Rondeng, permainan menebak nama anak yang berhasil ditangkap oleh satu anak yang berdiri di tengah lingkaran, sambil menutup mata. Merupakan permainan khas anak-anak Belitong.

Hai Rondeng dimainkan di hari pertama Festival Tradisi Bahari di Pantai Tanjongpendam, Kota Tanjongpandan, Belitong Barat. Festival yang dilaksanakan dari 1 hingga 5 Juli itu merupakan penyelenggaraan yang ke-5, sejak tahun 2004. Sebelumnya digelar di Mataram (2004), Manado (2005), Takallar (2006), dan Lombok Timur (2007). Istimewanya, festival kali ini bertepatan dengan hari jadi Kota Tanjongpandan yang ke-171, yakni pada 1 Juli.

Sunday, 27 May 2012

Sunset Pantai Arung Dalam, Koba, Bangka Tengah

http://epaper.bangkapos.com/

Pantai Arung dalam yang terletak di kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah,adalah salah satu aset wisata di Bangka Belitung. Ombak yang tenang menjadi pemandangan yang dapat menghibur para pengunjung yang datang. Pantai ini sangat mudah dijangkau, yaitu berada tepat di tepi jalan memasuki pintu kota Koba. Selain tempatnya yang mudah dicapai, pengunjung dapat menikmati indahnya sunset di pantai ini, ditambah lagi dengan pasir putih dan ombak yang tenang menjadikan pantai ini sebagai tempat wisata yang favorit untuk masyarakat sekitar dan luar Koba.

Kue Rintak, Wisata Kuliner Bangka Belitung

www.visitbangkabelitung.com
Kue Rentak atau lebih dikenal dengan nama Kue Sagu adalah penganan khas Kota Pangkalpinang yang banyak dijumpai di toko-toko makanan daerah di Kota Pangkalpinang. Terbuat dari sagu, gula dan sebagainya memang klop disajikan dengan secangkir kopi atau susu. Kue Rentak tidak hanya disukai orang tua namun anak-anak dan remaja. Pada saat lebaran, Kue Rentak merupakan kue yang selalu ada di setiap rumah masyarakat dan selalu habis terakhir pada saat lebaran. Kue ini mudah sekali dibuat sehingga hampir semua masyarakat Kota Pangkalpinang mampu membuatnya.

Kemplang Oleh-Oleh Khas Bangka Belitung

kemplang (visitbangkabelitung.com)
Kemplang adalah snack ringan yang terbuat dari ikan (tenggiri atau ikan lainnya) atau cumi dan sagu. Kemplang banyak dijumpai di toko-toko makanan khas Kota Pangkalpinang. Bentuknya bermacam-macam, ada bulat, segi empat dan lain-lain sesuai keinginan. Kemplang dibuat beberapa jenis, ada yang dipanggang/dibakar, digoreng dengan minyak, digoreng dengan pasir dan sebagainya. Wisatawan bisa langsung menikmati dan juga belajar membuatnya, karena kemplang banyak diproduksi dirumah-rumah masyarakat (home industri).

Saturday, 26 May 2012

Pantai Unik Pasir Kuning di Tempilang, Bangka Barat

pasir kuning, pantai tempilang
Tempilang, adalah sebuah kota tersendiri dibanding sebuah desa. Terpencil ia jauh dari lalu lintas jalan provinsi. Dalam artian tidak dilalui jalur Pangkalpinang ke Mentok atau dari Sungailiat ke Mentok. Namun itu tidak membuat daerah ini terpencil. Ia malah menjadi sebuah kota tersendiri.

Sebuah daerah yang berkembang. Puluhan bangunan bertingkat berdiri, meskipun itu untuk sarang Walet. Namun kombinasi perkebunan, nelayan dan tambang timah inkonvensional memberikan kemajuan berarti bagi daerah ini. Mini market dan bank berdiri.

Daerah Tempilang merupakan satu-satunya daerah di Bangka Barat provinsi Bangka Belitung yang memiliki keunikan, yakni pantainya berpasir kuning. Pantai ini terletak di Desa Tempilang Kabupaten Bangka Barat kurang lebih 70 KM dari Kota Pangkalpinang. Pasirnya yang berwarna kuning keemasan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Dengan pemandangan bebatuan yang terletak disudut pantai, kita dapat menikmati panorama alam yang indah. Yang menarik dari tempat ini adalah ada tradisi unik masyarakat pantai tersebut, setiap menjelang bulan Ramadhan. Pantai Pasir Kuning banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri untuk menyaksikan ritual adat Pesta Rakyat Perang Ketupat.

Kecantikan Pantai Rambak, Sungailiat

aksansanjaya.blogspot.com
Pantai Rambak terletak di deretan pantai-pantai arah timur Sungailiat. Ada sejumlah pantai dilokasi ini antara lain, Pantai Tanjung Pesona, Teluk Uber, dan Tikus. Pantai Rambak semacam alternatif tujuan wisata lokal. Pantainya luas dan berpasir putih. Bebatuan agak sedikit ditemui di sepanjangnya.

Penduduk lokal biasa sebut pantai Haji Aziz. Letaknya memang dekat dengan kota Sungailiat. Memerlukan waktu kurang lebih 15 menit dari kota. Penduduk dapat mencapainya dengan kendaraan roda dua atau mobil. Jalan tanah merah telah tersedia.

Friday, 25 May 2012

Bangunan Kuno Kota Mentok (Wisata Sejarah Bangka)

Bangunan Kuno Mentok (http://travelling.lintas.me)
Tidak berlebihan rasanya jika menyebut Muntok sebagai kota sejarah. Muntok kota Timah yang menjadi tempat tujuan wisata kali ini memang dipenuhi dengan bangunan tua yang masih tegak berdiri.

Jika dilihat secara umum, membongkar kota Muntok yang terpilah-belah menjadi tiga kawasan kompleks yaitu Klaster China, Melayu dan Eropa merupakan kepuasan tersendiri karena itu berarti menapaki tempat yang mengukir perjalanan sejarah kota Muntok.

Thursday, 24 May 2012

Makna Yang Tersirat Dari Kata "Dak Kawa Nyusah" (Budaya Bangka)

http://tourbangka.com
Bangka memang terkenal dengan filosofi "Dak Kawa Nyusah" yang dalam bahasa Indonesia artinya tidak mau bersusah payah. Kata-kata ini sangat identik dengan masyarakat Bangka itu sendiri, selain dag kawa nyusah ada lagi kata-kata lain seperti "sape negah" "dag pacel akek" "along ko......". kata di atas memiliki artian yang hampir sama dalam makna dengan kalimat Dag kawa Nyusah. kalimat-kalimat ini menurut masyarakat setempat adalah sikap yang tidak mau ambil pusing atas sesuatu, Misalnya masyarakat di Bangka diajak berdemo tentang kenaikan harga BBM, selalu terbersit kata Dag Kawa Nyusah ko, mereka lebih baik memilih harga naik dibandingkan untuk berdemo berkoar-koar. Banyak orang mengartikan ini sebagai ungkapan yang menunjukkan masyarakat Bangka itu adalah orang yang pemalas dan tidak mau bekrja keras. tapi sebenarnya ada makna yang terselip di dalam kalimat "Dag Kawa Nyusah" tersebut. simak pemaparan di bawah ini.

Perigi Pekasem Tuatunu, Pangkalpinang (Wisata Sejarah Bangka)

Perigi/Sumur Pekasem (visitbangkabelitung.com)

Sumur atau perigi Pekasem terletak di Kelurahan Tuatunu Indah Kecamatan Gerunggang. Perigi atau sumur ini dijadikan tempat untuk membuang mayat orang-orang yang terbunuh TKR (Tentara Keamanan Rakyat), karena dianggap musuh atau sebagai mata-mata Belanda atau sekutu. Tuatunu sendiri pada waktu itu merupakan kampung yang dijadikan salah satu markas TKR yang terletak di Hutan Titi Rengas, Kampung Cekong Abang Air Duren dan Hutan Arang, Air Kelapa Tujuh, terletak antara bukit, bulur air dan Air Kelapa Tujuh Tuatunu. TKR sendiri dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Maklumat tanggal 5 Oktober 1945 dikarenakan situasi Nagara Kesatuan Republik Indonesia yang baru terbentuk dalam keadaan genting dan berbahaya karena kedatangan tentara Belanda (NICA) karena ingin kembali berkuasa di Indonesia.

Wednesday, 23 May 2012

PUNGGAWA BABEL YANG BERMAIN DI INDONESIA SUPER LEAGUE (ISL)

Bangka Belitung juga punya potensi-potensi yang lain selain dibidang wisata alam dan budayanya, contohnya saja dibidang olahraga. Setahu penulis ada beberapa pemain kelahairan Bangka Belitung yang bermani untuk klub-klub ternama di Indonesia seperti Persija dan Sriwijaya. Ada pun beberapa pemain tersebut yaitu :


Supardi
Supardi
Nama Lengkap:Supardi Nasir
Tanggal Lahir:9 Apr 1983 (Usia 29)
Tempat Lahir:Bangka
Negara:Indonesia
Tinggi Badan:175 cm.
Berat Badan:67 Kg.
Peranan:Bek
Nomor Punggung:22


Tuesday, 22 May 2012

Surga bawah laut Pulau Buku Limau, Belitung Timur

terumbu karang pulau batu limau
Pulau Buku Limau, Pulau ini tempat yang sangat sempurna bagi para wisatawan yang ingin menikmati kegiatan rekreasi bagi peminat wisata bahari seperti berenang, selam, memancing dan berjemur. Pantai ini berpasir putih dengan terumbu karang yang indah, selain itu wisatawan juga dapat meyaksikan proses pembuatan ikan asin.

Kejernihan air laut di Pulau ini membuat para penggemar snorklin bisa meliaht langsung peandangan Terumbu Karang yang hidup di pantai yang terletak di Desa Buku Limau Kecamatan Manggar memiliki titik koordinat Utara 2°48.028 - ' Timur 108°25.333 Jenis Terubu Karang yang banyak hidup didaerah ini adalah Cinulana sp dan Porites Lobata.

Underwater Pulau Siadong, Belitung Timur

terumbu karang pulau siadong
Pulau Siadong terletak antara Pulau Buku Limau dan Pulau Memperak di gugusan kepulauan Belitung di Kab. Belitung Timur. Vegetasi pada pulau ini terbagi menjadi 2 kelompok besar. Pada bagian luar yang mengelilingi pulau merupakan vegetasi yang didominasi dari jenis mangrove. Sedangkan bagian dalam bervariasi dan umumnya merupakan vegetasi pesisir seperti kelapa (cocos nucifera), Ketapang (Terminalia catappa) dan beberapa jenis pohon lainnya.

Lempah daret Makanan Khas Bangka Yang Buat Ketagihan

lempah daret alar keladi
Lempah daret atau lempah darat merupakan masakan khas dari Pulau Bangka. Bahan pembuatan makanan ini terdiri dari pucuk idat, talas (di Bangka disebut keladi), belacan (terasi), bawang merah, garam, dan cabe rawit (cabe kecit). Lempah daret paling lezat bila dimakan bersama nasi dan ikan asin. Lempah daret ini biasanya dimasak dengan alar keladi dan pucuk idat. saya membuat tulisan ini sambil ngiler ngebayangi lempah daret itu. rasa udang yang dihasilkan dari terasi, tentunya terasi bangka sangat terngiang-ngiang dipikiran.

Monday, 21 May 2012

Foto Manggar, Belitung Timur Tempo Dulu

Ngelakar Care Pantun Belitong (KASKUSER REGIONAL BABEL) hahaha..

Bikin Ngakak liat anak-anak Belitung Bepantun di Kaskus... hahaha
semoga bermanfaat dan dapat menghibur

selamat pagi penggemar
lamak kamek dak bredar
kamek disinek ukan gag nak nyelimbar
kamek disinek cuman nak ngelakar



nyarik kayu ke teberong
minjam parang kan bang sadong
mun mikak benar2 urang belitong
snek kutantang pantun belitong

Tertelan Tulang Ikan dan Cara Mengobatinya Adat Bangka Belitung

Sebagai Negara bahari yang dikelilingi oleh lautan, Indonesia memiliki banyak sumber makanan laut terutama berbagai jenis ikan. Dengan kandungan gizi yang tinggi, ikan merupakan salah satu makanan utama dalam makanan sehat lima sempurna.

Siapa yang tidak pernah makan ikan ?
Tentunya mustahil bin mustahal bila ada orang Indonesia yang tidak mengenal ataupun belum pernah makan ikan sama sekali.

Namun saat anda makan ikan, tentunya sering terjadi berbagai kasus “tertelan” tulang ikan. Hal ini menyebabkan tenggorokan kita terasa sangat sakit bila tulang ikan tersebut nyangkut di tenggorokan.

Desa Wisata Nelayan Kurau dan Pulau Ketawai Bangka Tengah

pulau ketawai

Desa wisata nelayan Kurau terletak di Desa Kurau, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah terletak ± 29 km dari Kota Koba. Desa kurau yang di kepalai oleh 2 kepala desa yaitu Kurau Barat dan Kurau Timur. Jumlah penduduknya 2777 jiwa. Sekitar 70% kegiatan penduduk Desa Kurau sehari-hari di perkampungan nelayan dengan suasana kesederhanaan perkampungannya adalah sebagai pencari ikan tradisional laut.

Komplek pemukiman nelayan di Desa Kurau Kecamatan Koba Kabupaten Bangka Tengah merupakan salah satu wisata alam di yang sangat dipertahankan kelestariannya oleh penduduk Desa Kurau dengan cara tidak pernah merusaknya, karena mereka merasa dikemudian hari Desa wisata ini bisa menjadi aset yang sangat berharga.

Tradisi Buang Jong di Belitung

Buang Jong merupakan salah satu upacara tradisional yang secara turun-temurun dilakukan oleh masyarakat suku Sawang di Pulau Belitung. Suku Sawang adalah suku pelaut yang dulunya, selama ratusan tahun, menetap di lautan. Baru pada tahun 1985 suku Sawang menetap di daratan, dan hanya melaut jika ingin mencari hasil laut.
Buang Jong dapat berarti membuang atau melepaskan perahu kecil (Jongyang di dalamnya berisi sesajian dan ancak (replika kerangka rumah-rumahan yang melambangkan tempat tinggal). Tradisi Buang Jong biasanya dilakukan menjelang angin musim barat berhembus, yakni antara bulan Agustus-November.

KEINDAHAN PANTAI BATU BERIGA, BANGKA TENGAH

pantai batu beriga

Keindahan Pantai Batu Beriga Bangka Tengah Dengan Pasir Putih Dan Bebatuan. Pantai Batu Beriga adalah satu dari sekian tujuan wisata bahari di Kabupaten Bangka Tengah Tepatnya Kecamatan Lubuk Besar Didiujung Pulau Bangka berbatasan Langsung dengan Pulau Lepar pongok . Terletak di desa Batu Beriga Pantai ini memiliki ciri khas wisata kuliner yang beragam dengan ciri khas makanan laut “Sea Food” Udang, cumi-cumi, kerang-kerangan, Ikan dan masih banyak lagi dapat anda nikmati dengan harga yang terjangkau, karena anda dapat menikmatinya dan membeli secara langsung dengan nelayan.

Sunday, 20 May 2012

Tradisi Perang Ketupat di Tempilang, Bangka Belitung

Gendang panjang, gendang Tempilang
Gendang disambit, kulet belulang
Tari kamei, tari Serimbang,
Tari kek nyambut, tamu yang datang

Lagu Timang Burong (Menimang Burung) pengiring tari serimbang itu dilantunkan secara lembut. Lagu itu, diiringi suara gendang dari enam penabuh serta alunan dawai (alat musik), untuk mengiringi gerak lima penari remaja yang menyambut tamu. Dengan baju dan selendang merah, kelima penari menyita perhatian ribuan pengunjung yang memadati Pantai Pasir Kuning, Tempilang, Bangka Barat, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sepenggal Sejarah Etnis Tiong Hoa di Bangka

Dari berbagai macam etnis masyarakat di Bangka Belitung. Salah satu etnis yang banyak terdapat di Babel adalah etnis Tionghoa. Karena itu sedikit banyak telah terjadi pembauran antara bahasa Bangka dengan bahasa Tionghoa, yang dalam bahasa Bangka disebut dengan orang China orang Cen atau orang Cin.

Menurut catatan Belanda, perpindahan orang China ini berlangsung sejak awal abad ke-18 atau sekitar tahun 1710 Masehi. Komunitas Tionghoa terbesar di Babel berasal dari suku Ke Jia (sering disebut orang Khe) dari propinsi Guang Dong, Tiongkok. Mereka berangkat dari kampung-kampung di distrik tertentu seperti, Sin Neng, San Wui, Hoi P’eng, dll.

Ritual Adat Nuju Jerami di Bangka Belitung

adat nuju jerami (dukonbesar.com)

Dari berbagai adat istiadat, tradisi, ritual budaya dan kebiasaan lama masyarakat Bangka Belitung, Tradisi Nuju Jerami termasuk salah satu yang tidak populer lagi saat ini. Padahal tradisi budaya seperti ini  mengandung nilai luhur dan budaya yang patut dijaga.

Seperti meredupnya berbagai budaya dan tradisi lama oleh budaya modern, Tradisi Nuju Jerami sudah jarang sekali dapat kita jumpai di Bangka Belitung. Kalaupun ada itu hanyalah terdapat pada beberapa wilayah saja.
Tradisi Nuju Jerami merupakan salah satu bentuk rangkaian pesta adat yang bertepatan dengan panen padi. Budaya ini sebagai ungkapan wujud syukur dan permohonan kepada Tuhan sang pencipta alam semesta atas berlimpahnya panen padi yang didapat saat itu dan dimasa yang akan datang.

KOPIAH RESAM KERAJINAN KHAS BANGKA

sungko/kopiah resam

Sungkok atau kopiah resam merupakan salah satu kerajinan khas dari Bangka. Kerajinan ini terbuat dari bahan resam. Resam yang merupakan tumbuh-tumbuhan perdu tergolong dalam bangsa pakis-pakisan. Resam banyak tumbuh di hutan dan semak-semak di sekitar desa dan perkampungan di Bangka.

Tumbuhan resam dapat tumbuh sampai ketinggian 1,5 meter.kopiah resam banyak dimintai masyarakat pada saat perayaan besar agama Islam dan kopiah resam dijadikan cindramata bagi masyarakat Bangka yang akan mengunjungi sanak famili mereka ke luar daerah.

Saturday, 19 May 2012

TERASI BANGKA SELATAN YANG MENDUNIA

Belacan khas Bangka Selatan
Belacan adalah nama lain dari Terasi yang sering disebutkan oleh masyarakat di babel, jika dibandingkan dengan tempat lainnya, saya rasa Terasi Bangka adalah Terasi yang Paling lezat dan rasanya paling enak. Terasi banyak dijumpai di daerah Bangka Selatan yang notabenya penghasil makanan laut seperti udang dll. kebanyakan penduduk di Bangka Selatan  berpencarian sebagai Nelayan. Dan salah satu hasil lautnya seperti udang  dijadikan terasi ini.

Pulau Bangka yang eksotis karena keindahan alam dan sumber daya timahnya, merupakan salah satu produsen terasi yang amat popular karena rasa dan kualitasnya. Selain itu, proses pembuatan yang masih tradisional, langsung oleh para nelayan, membuat terasi yang diproduksi tidak menggunakan zat-zat pewarna.

7 PERMAINAN KHAS BANGKA

Sama seperti anak-anak didaerah lainnya, di Bangka Belitung juga ada berbagai permainan khas yang sering dimainkan. Permainan yang sering dimainkan oleh banyak anak-anak di Bangka ada banyak sekali dan 7 permainan yang paling sering dimainkan adalah sebagai berikut.

1. PANGKAK IGIK KARET
Pangkak Igik Karet merupakan sebuah permainan tradisional yang digali dari kebiasaan kehidupan masyarakat Bangka pada masa silam. Pangkak Igik Karet yang diartikan sebagai saling beradu memecahkan buah karet. Lazim permainan ini dilakukan masyarakat  tempo dulu usai bekerja di kebun, sekedar untuk menghilangkan kejenuhan dan penatnya. Dan tak jarang dimainkan oleh anak-anak. Sayangnya, permainan yang sarat makna nilai tradisi itu perlahan mulai hilang di tengah-tengah peradaban masyarakat sekarang ini.

KEPUNAN DAN CARA MENGATASINYA DALAM ADAT BANGKA

Dalam perkembangan budaya di Bangka Belitung, dikenal istilah kepunan yang lazim di sebut juga kepon (bahasa bangka). Nah, untuk mengatasi kepunan yang berimplikasi datangnya balak / musibah tak terduga itu dalam adat istiadat Bangka ternyata ada cara untuk mengatasinya. Ritual budaya yang unik ini ternyata pernah dilakukan banyak masyarakat Bangka dahulu kala.

Pada masa kecil dulu, kita selalu di wanti-wanti oleh orang tua untuk menghindari balak / musibah dengan malet (mencicipi makanan; terutama nasi & kopi) supaya tidak kepon. Dan tidak lupa juga diajarkan cara mudah bila tidak sempat melakukan malet itu. Bahkan terdapat beberapa kalimat yang selalu dijadikan semacam mantera.

Thursday, 17 May 2012

Ritual Jelangkung Versi Cina di Bangka Belitung

Apa yang kamu pikirkan jika kamu mendengar ada seseorang atau sekelompok orang mengadakan acara untuk mengundang arwah atau yang sering di sebut juga JAILANGKUNG?

Ya… mungkin kamu akan berpikir ini sangat konyol, karena di jaman yang sudah modern masih ada juga yang percaya dengan yang namanya hantu, setan, jin atau sejenisnya. Budaya orang timur memang sarat dengan yang namanya mistik warisan leluhur.Tidak heran jika di masyarakat kita terdengan adanya ritual yang dapat mengundang arwah dan sejenisnya. Salah satu ritual pemanggilan arwah yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan media boneka yang biasa di sebut jailangkung. Karena ritual jailangkung bisa di lakukan oleh siapapun asalkan bisa membaca mantera-mantera pengundangnya.

Rusip Bangka, Hmmmmmm Bikin Ngiler

Rusip Bangka
Makanan khas ini terbuat dari bahan dasar ikan bilis yang sebelum pembuatannya dicuci hingga bersih dan ditiriskan secara steril lalu dicampur dengan garam yang komposisinya seimbang. Agar aromanya menjadi harum dan wangi ditambahkan gula kabung. Adonan ini harus ditutup dengan wadah yang rapat agar tidak tercampur dengan benda asing apapun. Dahulu saat proses pembuatan adonan makanan ini ditempatkan dalam guci yang bermulut sempit. Suhu ruangan harus benar benar dijaga. Makanan ini dapat dimasak dulu atau dimakan langsung dengan lalapan.

LAKSO KHAS BANGKA

lakso bangka

Lakso Khas Bangka  lakso berkuah santan kuning yang gurih-gurih wangi yang terbuat dari ikan segar dengan serpihan daging ikan yang gurih enak. Mi yang berwarna putih kenyal-kenyal. Racikan lakso sangat terkenal di Bangka Belitung, Lakso memakai bahan utama mi putih yang dibuat dari adonan tepung beras dan sagu. Adonan ini kemudian dibentuk seperti mi, dicetak seperti cetakan putu mayang. Mi yang kenyal-kenyal gurih ini kemudian diberi kuah.

Kuahnya terdiri dari santan yang diberi bumbu kemiri, kunyit, ketumbar, bawang merah, bawang putih dan daging ikan tenggiri. Serpihan daging ikan tenggiri dengan kuah kuning yang gurih ini disiramkan ke atas mi. Tentu saja rasanya gurih dan aroma wangi dgaing ikan beradu dengan rempah.

BANGKA BOTANICAL GARDEN

bangka botanical garden

Bangka Botanical Garden (BBG) mengolah lahan untuk pengembangan dan percepatan ekonomi Bangka Belitung. Terletak di kawasan industry Ketapang, 7 tujuh) Km dari Bandar Udara Depati Amir, Pangkalpinang (Bangka). BBG telah mengembangkan industry modern secara terpadu: peternakan, perikanan, dan perkebunan.

Dalam konteks terpadu ini, BBG menerpakan zerowaste (tanpa sisa), suatu acuan yang memaksimalkan limbah, semua limbah bermanfaat untuk seluruh bidang idustri yang dikembangkan. Contohnya, pemanfaatan limbah sapi berupa air seni dan kotorannya. Air seni sapi yang mengandung urea jika ditaburi di tambak ikan, maka akan bereaksi yang menciptakan ekosistem baru, antara lain tumbuh lumut, melimpahnya zooplankton, cacing-cacing, jentik=jentik, kutu air, yang merupakan makanan alami untuk ikan.

Batu Satam Belitung, Serpihan Meteor Yang Mengagumkan

batu satam, belitung

hasil tabrakan meteor dengan bumi itu, rupanya menjadi serpihan-serpihan yang berkilauan bagaikan batu kaca, yang menyebar ke segala penjuru permukaan bumi seperti di Indonesia di Pulau Belitung, didekat Solo dan negara-negara lain seperti Australia, Cekoslavia, dan Arab. Salah satu batu berkilauan itu dikenal dengan nama Batu Satam, yang hanya dapat ditemui di Pulau Belitung. Batu langka berwarna hitam dengan urat-uratnya yang khas, menjadi daya tarik tersendiri jika kita berkunjung ke pulau penghasil timah itu.

Ayo Berwisata ke Bangka Belitung

Bandara Depati Amir, Bangka
Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tengah naik daun sebagai destinasi wisata. Pemerintah setempat pun terus gencar mempromosikan kedua pulau tersebut. Berbeda dengan beberapa tahun yang lalu, kini akses menuju Bangka Belitung sangatlah mudah.

Dari Jakarta, wisatawan dapat naik pesawat terbang menuju Bandara Depati Amir di Pangkalpinang maupun Bandara HAS. Hanandjoeddin di Tanjungpandan. Pangkalpinang berada di Pulau Bangka, sementara Tanjungpandan berada di Pulau Belitung.

Ada enam maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta – Pangkalpinang yaitu Sriwijaya, Lion Air, Garuda, Merpati, Batavia, dan Aviastar. Harga tiket mulai dari Rp 300.000. Total ada sekitar 15 kali penerbangan setiap harinya di rute Jakarta – Pangkalpinang. Selain melalui Jakarta, alternatif lain ke Pangkalpinang bisa dari Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Batam, atau Bandar Lampung.

Bukit Menumbing Mentok, Saksi Sejarah Pengasingan Soekarno

Bukit Menumbing sebagai tempat pengasingan Presiden Soekarno di Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung, ditempat ini terdapat beberapakisah sejarah dan peninggalan sejarah dari Bung Karno.

Wisma Menumbing yang didirikan pada 1927 berada di puncak Bukit Menumbing merupakan aset sejarah yang harus terus dilestarikan karena menjadi tempat pengasingan Presiden Soekarno dan para tokoh republik pada masa pemerintahan kolonial Belanda, memasuki rumah pengasingan ini, terlihat mobil BN 10 yang di parkir tepat di depan kamar Presiden Indonesia pertama ini.

TAI FU SUI (SUSU KEDELAI) MINUMAN KHAS MASYARAKAT BANGKA

Tai-Fu Sui
Theo-fu sui atau yang lebih familiar disebut tai fu sui, adalah minuman khas Bangka. Minuman ini terbuat dari kacang kedelai. Tai-fu sui ini banyak kita jumpai dengan jajanan kue-kue di pagi ataupun malam hari. untuk penyajiannya pun bisa dihidangkan dengan hangat maupun dengan es, sesuai dengan selera. walaupun bahan dasar dari kacang kedelai, Tai fu sui ini sangat nikmat rasanya. banyak kalangan anak muda yang mengistilahkan minum susu kedelai ini dengan sebutan "Musui" atau minum Tai-fu sui. Sebenarnya cara pembuatan Tai-fu sui ini tidak lah susah, sama seperti membuat susu kedelai pada umumnya. bisa menggunakan blender atau lebih kental nuansa bangka nya menggunakan penggiling dari batu. tetapi sekarang alat ini mulai langka. caranya yaitu menggiling kacang kedelai, setelah digiling di peras, kemudain dimasak, ditambah gula sesuai selera, dan juga ditambahkan garam sedikit. supaya memberikan rasa yang tidak terlalu manis. bisa disajikan panas maupun dingin.

Wednesday, 16 May 2012

GETAS/KRETEK, OLEH-OLEH KHAS BABEL

getas/kretek

Makanan khas dari Bangka Belitung ini sangat digemari oleh masyarakat Bangka dan luar Bangka. Apalagi di saat merayakan hari besar keagamaan maka hampir semua rumah yang merayakan terdapat makanan getas ini atau lebih di kenal dengan keretek. 

keretek ini terbuat dari ikan dan biasanya dibuat dengan ikan tenggiri sebagai bahan dasarnya, keretek atau getas ini biasanya makanan pengganti kerupuk atau kemplang namun keretek ini biasanya bentuk nya bulat seperti kelereng jadi enak disaji ketika kita makan bakso,mie dan berkuah lainnya. kretek ini sering dijadikan wisatawan sebagai oleh-oleh khas bangka yang sangat diminati karena rasanya yang sangat enak dan nuansa lautnya kentara, karena 99% rasa ikan. hehehe..... sekali anda mencoba dijamin mau lagi, kecuali bagi orang-orang yang alergi dengan ikan.

Pesona Sunset di Pantai Tanjung Putat

tanjung putat "sunset"
Pantai Tanjung Putat adalah salah satu pantai yang juga berada di Kota Belinyu. Pantai ini pun tak kalah menarik dibandingkan dengan pantai-pantai yang lainnya. Pantai ini sering dimanfaatkan oleh warga Belinyu untuk bermain air bersama keluarga atau bersama teman-teman. Karena pantai ini landai dan tidak berpalung serta riak gelombangnya pun tidak besar. Pantai ini juga di hiasi dengan bebatuan yang  lumayan besar yang menambah indah suasana pantai.

Pantai Tanjung Putat ini berada tidak jauh dari Pelabuhan Belinyu. Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang suka akan panorama alam dan suka bermain-main dengan air laut. Air lautnya pun bening sekali, sampai-sampai kelihatan dasar lautnya. Biasanya di pantai ini akan ramai sekali jika sore hari pada saat laut sedang pasang. Namun jika laut sedang surut akan sepi karena terlalu jauh airnya dari tepi pantai ini. Akan lebih ramai lagi jika pada hari minggu sore dan kondisi air laut saat itu sedang pasang. Dari anak-anak, remaja, dewasa, sampai yang sudah berkeluarga akan menghiasi suasana pantai ini. Ada yang mandi, ada yang sekedar menikmati laut, ada pula yang hanya sekedar duduk ngobrol bersama teman-temannya.

Pantai Tanjung Putat ini mempunyai banyak sisi lain yang tak kalah menariknya. Ada lagi yang di sebelah yang lainnya yang agak jarang di kunjungi oleh pengunjung, namun tidak menutup kemungkinan ada juga yang mandi di daerah yang satu ini karena sudah banyaknya pengunjung di sebelah yang biasanya.  Biasanya pada sisi yang lain ini dimanfaatkan oleh para remaja untuk berkumpul bersama teman-teman atau untuk berpacaran.

Dari pantai ini pun Anda masih bisa menikmati suasana tenggelamnya matahari atau yang biasa disebut sunset. Namun jika ingin menikmatinya tetap saja Anda harus menunggu dengan cuaca yang mendukung, dalam artian tidak berawan alias sangat cerah. Saya juga sudah berhari-hari menunggu moment yang tepat untuk mengambil gambar serta untuk menikmati sunset ini. Namun sangat jarang sekali karena cuaca pada sore hari di Belinyu umumnya berawan di bagian barat sehingga menutupi pemandangan sunset ini.




Pulau Batu Berlayar Belitung

pulau batu berlayar belitung
Pulau Batu Berlayar (Sailing Rock) adalah sebuah formasi batu-batu granit raksasa dimana terdapat 2 batu besar yang berdiri vertikal sehingga berbentuk ibarat layar dengan pulau pasir putih sebagai kapal nya. Formasi itulah yang membuat penduduk Belitung menamakan tempat ini Batu Berlayar. Pulau kecil seukuran lapangan tenis ini anda salah satu atraksi unik untuk anda yang melakukan tour island hooping di Belitung ditempuh sekitar 15 menit dari pelabuhan Tanjung Kelayang.

Pulau Batu Berlayar terdiri atas 2 batu granite utama yang berdiri vertikal setinggi kurang lebih 10 meter. Di sekitarnya terdapat banyak batu-batu granit dengan formasi yang tidak kalah artistik. Pulau ini terletak tidak jauh dari daratan utama pulau Belitung, masih berada di area pantai Tanjung Kelayang di sisi pantai sebelah Barat.

Ada satu bagian yang unik dari pulau Berlayar, yaitu sebuah batu granit di tepi pantai yang sebagian tertutup air dimana bagian atasnya berbentuk seperti sirip ikan hiu atau mirip juga dengan gigi ikan hiu. Belum ada nama batu ini, jadi mari kita namakan saja Batu Shark Fin (sirip hiu). Batu ini sering diabadikan oleh para fotografer karena bentuknya yang unik dengan mercusuar pulau Lengkuas sebagai latar belakang pemandangan.

Di pulau ini, pasir putih di pulau ini hanya akan tampak pada saat air laut surut, artinya perahu hanya akan bisa berlabuh pada saat air surut juga. Jadi jika anda ingin singgah ke pulau Batu Berlayar ini, harap tanyakan kepada pengendara boat anda kapan waktu yang tepat. Berkunjung ke Batu Berlayar adalah bagian dari tour island hopping yang paling disenangi oleh wisatawan di Belitung.

Laut di sekitar pulau sangat indah dan dangkal, dengan air laut jernih dan banyak juga terdapat terumbu karang. Tetap HATI-HATI, kadangkala ada banyak Bulu Babi (Sea Urchin) sejenis binatang laut berduri seperti landak dengan duri-duri yang tajam setajam jarum. Pastikan anda menggunakan sepatu atau sandal jika berjalan di atas air khususnya di pantai sisi Timur dari pulau ini.

Bagaimanapun juga melakukan aktivitas snorkeling adalah aktivitas yang menyenangkan di sekitar pulau Batu Berlayar ini khususnya di pantai sebelah Barat dimana terdapat banyak terumbu karang dengan ikan yang banyak. Jika anda melakukan snorkeling harap hati-hati karena kadang kala arus laut cukup kuat. Pastikan anda menggunakan jaket pelampung pada saat melakukan aktivitas snorkeling.

kumpulan pemandangan pulau batu berlayar :









Dambus, Alat Musik Khas Bangka

alat musik dambus
Musik bangka tradisional sangat kental sekali dengan budaya melayu nya. Salah satu alat musik kebanggaan daerah bangka adalah Dambus. Dambus adalah semacam alat seperti gitar tapi memiliki karakteristik dan bunyi yang berbeda dengan gitar masa kini. Dambus biasanya dipakai untuk mengiringi acara2 adat, tari-tarian , atau acara lainnya. Dambus sebenarnya juga merupakan alat musik daerah2 melayu dan timur tengah menurut sejarah, namun dalam perkembangan nya ada yang membedakan dambus bangka dengan yang lainnya.


Bentuknya kira2 alat musik dambus adalah seperti gambar dibawah ini pada umunya :

Pertama adalah bentuk kepala dambusnya berbentuk rusa yang merupakan binatang maskot Bangka. Kemudian senar nya ada 6, masing2 ad 3 pasang, 3 di atas dan 3 di bawah.

musik dambus dengan irama denting dawainya yang khas menyimpan sejuta rasa yang lain dibandingkan musik lain. Musik dambus dimainkan dengan diiringi lagu dan tarian khas melayu yang di Bangka Belitung disebut dengan nama INCAK. Dahulu pada perkembangannya, musik dambus selalu menjadi andalan dalam berbagai kegiatan masyarakat seperti perayaan pesta perkawinan, pesta adat, dan berbagai kegiatan lainnya.