Monday, 11 June 2012

Pulau Gusung Asam, Bangka Tengah

gusung_asam
Pulau Gusung Asam (bangkatengahkab.go.id)
Pulau Gusung Asam terletak disebelah timur laut Pulau Ketawai. Jika dilihat menggunakan GPS, pulau ini terletak pada titik koordinat 02o 15’ 25” LS dan 106o 20’ 24” BT. Berjarak hanya sekitar 1,5 km dari Pulau Ketawai. Karenanya, pulau ini terlihat jelas dari Pulau Ketawai. Disebut gusung mungkin karena terdapat gusung di pulau ini. Gusung dalam bahasa lokal merupakan gugusan pasir hasil dari sedimentasi. Gugusan tersebut timbul (terlihat) saat air surut dan tenggelam saat air laut pasang. Ini mengindikasikan bahwa perairan disekitar gusung merupakan perairan yang dangkal. Jika kita menuju Pulau Gusung Asam melewati Pulau Ketawai, maka kita akan menemukan dua buah gusung sebelum dan setelah pulau ini.

Meskipun luasnya hanya sekitar setengah luas Pulau Ketawai, namun pulau ini dihuni penduduk lebih banyak dari Pulau Ketawai. Di Pulau Gusung Asam terdapat sekitar 15 KK, memang tidak banyak, tapi para nelayan ini merupakan penduduk pulau ini. Nelayan di Pulau Gusung Asam merupakan mayoritas nelayan bubu. Mereka menangkap ikan dengan menggunakan bubu yang mereka buat sendiri atau kadang didatangkan dari daerah lain seperti kurau dan tanjung gunung. Bubu tersebut mereka pasang di daerah terumbu karang. Karenya ikan yang didapat adalah ikan-ikan karang yang bernilai ekonomis seperti kerapu, ekor kuning, ikan tanda-tanda, ikan ketarap, sampai kakap

Kondisi Terumbu Karang (Coral Reef) di Pulau Gusung Asam Ekosistem terumbu karang di Pulau Gusung Asam kondisinya termasuk kategori sedang. Kondisi terumbu karang dengan tutupan sekitar 30-40%. Tutupan karang dengan selang nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang. Karang terletak tidak berjauhan dari pulau. Berjarak sekitar 200 - 300 meter dari pulau.

Karang hanya ditemui disebelah timur dan selatan pulau. Ini menandakan bahwa karang tidak mengelilingi pulau. Disebelah barat terdapat ekosistem padang lamun dan banyak pula ditumbuhi oleh seaweed. Sedangkan disebelah utara tidak ditemukan ekosistem terumbu karang dan padang lamun melainkan hanya hamparan pasir dengan air yang biru jernih. Penyebab kecilnya angka tutupan karang di pulau ini karena karang banyak tertutup oleh makroalga dan mikroalga. Selain itu ditemukan pula beberapa jenis rumput laut (seaweed) yang bersaing dalam habitat tersebut.

Hal ini menyebabkan persaingan hidup dalam habitat tersebut cukup tinggi. Di ekosistem terumbu karang ini banyak ditemui jenis tridacna yang ukurannya masih kecil. Tridacna ini hidup dicelah-celah batu atau karang. Karena tutupan karangnya yang relative kecil, maka keanekaragaman ikan dan biotanya pun relative kecil pula. Tak banyak jenis ikan dan biota khas laut yang ditemukan pada ekosistem terumbu karang di Pulau Gusung Asam.

Ikan yang dijumpai pun ukurannya relative kecil. Dengan ditemukannya beberapa jenis rumput laut disekitar pulau ini sebenarnya mengindikasikan bahwa pulau ini memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai daerah budidaya rumput laut dimasa mendatang. Selain itu, jika tutupan karangnya baik sehingga keanekaragaman ikannya pun tinggi. Maka, dengan pulaunya yang sangat cantik ditambah dengan hamparan terumbu karang yang terbentang indah. tempat ini Dapat dibayangkan akan menjadi daerah wisata bahari yang sangat potensial untuk dikembangkan.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment