Home » , » Pakaian Adat Pengantin Bangka Belitung

Pakaian Adat Pengantin Bangka Belitung

Posted by Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai on Thursday 7 June 2012

Pakaian adat pengantin Kota Pangkalpinang untuk perempuan adalah baju kurung merah yang biasanya terbuat dari bahan sutra atau beludru yang jaman dulu disebut baju Seting dan kain yang dipakai adalah kain bersusur atau kain lasem atau disebut juga kain cual yang merupakan kain tenun asli dari Mentok. Pada kepalanya memakai mahkota yang dinamakan “Paksian”. Bagi mempelai laki-laki memakai “Sorban” atau disebut “Sungkon”.

Baju pengantin perempuan menurut keterangan orang tua-tua berasal dari negeri Cina, konon menurut cerita ada saudagar dari Arab yang datang ke negeri Cina untuk berdagang sambil menyiarkan agama Islam dan jatuh cinta dengan seorang gadis Cina kemudian melangsungkan perkawinan dengan gadis Cina tersebut, pada perkawinan inilah mereka memakai pakaian adat masing-masing. Selanjutnya karena banyaknya orang-orang Cina dan Arab yang datang merantau ke pulau Bangka terutama ke Kota Mentok yang merupakan pusat pemerintahan pada waktu itu diantaranya ada yang melakukan perkawinan maka banyaklah penduduk pulau Bangka yang meniru pakaian tersebut. Pakaian pengantin tersebut pada akhirnya kita sebut dengan nama “Paksian”. Pakaian tersebut terdiri dari :

1. Pakaian Pengantin Perempuan
Pakaian pengantin perempuan adalah baju kurung dengan bahan beludru merah yang dilengkapi dengan teratai atau penutup dada serta menggunakan kain cual yaitu kain tenun asli Bangka yang berasal dari Mentok, dengan hiasan kepala yang biasa kita sebut Paksian dan dilengkapi dengan asesoris :

Kembang cempaka
Kembang goyang
Daun bambu
Kuntum cempaka
Sepit udang
Pagar tenggalung
Sari bulan
Tutup sanggul atau kembang hong
Kalung
Anting panjang
Gelang
Pending untuk pinggang

Baju pengantin perempuan ditambah dengan hiasan payet atau manik-manik dan dilengkapi dengan hiasan Ronce Melati untuk keindahan dan keharuman alami (bukan keharusan).


       


2. Pakaian Pengantin Laki-Laki
Adapun untuk pakaian pengantin laki-laki terdiri dari :
Jubah panjang sebatas betis
Selempang yang dipakai pada bahu sebelah kanan
Celana
Penutup kepala seperti sorban (sungkon)
Pending
Selop / Sendal Arab

Pakaian pengantin laki-laki ini berwarna merah dan biasanya dari bahan beludru dengan hiasan manik-manik dan sama dengan pengantin perempuan dilengkapi dengan Ronce Melati untuk keindahan dan keharuman alami (bukan keharusan).


     




Thanks for reading & sharing Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai

Previous
« Prev Post

5 komentar:

  1. Sore, kalau mau beli aksesoris pengantin bangka belitung seperti gambar diatas dimana ya ? Terimakasih sebelumnya -Putu M. G.-

    ReplyDelete
  2. anda bisa mencarinya di toko2 yang menjual perlengkapan pengantin di bangka maupun belitung, disana biasanya ada.. atau di salon-salon khusus pengantin, tetapi biasanya salon-salon pengantin hanya menyewakan saja..

    ReplyDelete
  3. Mib boleh minta fotonya si pengantin yg pake baju adat babel yg full body ga ?kalau boleh bisa minta tolong dikirimkan ke email saya devitatobroni@gmail.com

    ReplyDelete
  4. Pagi kak, gimana rencana weddingnya ??
    hari Minggu tanggal 14, kita ada tes food dari catering nur kharisma,di His Graha Elnusa.
    nanti flyer acaranya nyusul aku kirim
    datang ya kakk...
    hehehehe

    ReplyDelete
  5. Busana,tatarias, Dekorasi Pelaminan dan prosesi adat dan Tarian khas Melayu Bangka dan Belitung di Jakarta dan sekitarnya, bisa menghubungi @sanggarnusantaradotcom | Jakarta Hp & wa : 085211711318

    ReplyDelete

Provinsi Kep. Bangka Belitung