Home » » Lempah Kulat Makanan Khas Bangka

Lempah Kulat Makanan Khas Bangka

Posted by Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai on Saturday 2 June 2012

lempah kulat
Lempah Kulat adalah masakan yang terbuat dari kulat/jamur khas Bangka yang biasanya dimasak dengan santan – Lempah Kulat salah satu masakan paling populer di Provinsi Bangka-Belitung adalah lempah.

Salah satu masakan lempah darat yang populer dan dibanggakan masyarakat Bangka adalah lempah kulat pelawan. Kulat adalah dalam bahasa sehari2 masyarakat bangka lokal untuk menyebut sebutan jamur. Sedangkan pelawan adalah nama pohon endemik di kawasan ini, pada musim hujan, batang pohon pelawan ini ditumbuhi jamur, sedangkan pada musim kemarau, pohon pelawan mengeluarkan bunga yang disukai lebah., yang dikenal istilah Madu Pelawan yang menghasilkan madu pelawan.


Madu lebah pelawan diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti: ginjal, tekanan darah rendah, gangguan lambung, kencing manis, penawar racun, lemah syahwat, dan lain-lain.

Kulat pelawan setelah dimasak bertekstur lembut kenyil-kenyil, tidak mudah hancur. Kulat pelawan menampilakn roma asap (smokey) yang sangat khas. Perpaduan keindahan antara tekstur, aroma, dan citarasanya membuat kulat pelawan sering dijuluki sebagai “vegetarian’s wagyu beef”. Kemulusannya sangat padan dengan kuah santannya yang gurih pedas dengan sedikit tambahan rasa asam. Kulat pelawan juga memiliki aroma yang sangat khas melengkapi kenikmatan makan saat anda berkunjung ke daerah kuliner bangka belitung.

Thanks for reading & sharing Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Provinsi Kep. Bangka Belitung