Home » , , » Tradisi Hikok Helawang Masyarakat Bangka Selatan

Tradisi Hikok Helawang Masyarakat Bangka Selatan

Posted by Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai on Sunday 6 May 2012

Tradisi tahunan Hikok Helawang adalah salah satu tradisi yang ada di Bangka Belitung. Tradisi yang digelar masyarakat Desa Bedengung Kecamatan Payung, Bangka Selatan, selain sebagai wujud syukur warga atas keberhasilan panen padi, juga sarat dengan makna.


Dari namanya Hikok Helawang yang berarti dalam tradisi ini setiap rumah seolah diwajibkan menyedekahkan minimal satu ekor ayam dan menyajikan ketan atau dalam bahasa setempat disebut pulut. Jika di wilayah kabupaten lain di Babel, hantaran disajikan dalam dulang  berisi ketupat beserta lauk pauk, dalam tradisi Hikok Helawang hantaran diletakkan dalam wadah rantang. Isi hantaran itu berisi ayam panggang dan pulut beserta kue-kue dan buah-buahan.

Filosofi menyajikan ayam menunjukkan kegigihan dan disiplin karena ayam merupakan ayam yang rajin dan sudah mencari makan sejak subuh. Begitu juga disajikan ketan karena ketan sifatnya lengket dan melambangkan kebersamaan. Ayam juga mengapa di panggang bukan di gulai. Ini menunjukkan kesabaran agar ayamnya masak luar dalam. Tradisi Hikok Helawang sebagai acara tahunan masyarakat Bedengung Kecamatan Payung haruslah dipertahankan dan ditingkatkan dimasa-masa mendatang.

Thanks for reading & sharing Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Provinsi Kep. Bangka Belitung