Monday, 21 May 2012

Tertelan Tulang Ikan dan Cara Mengobatinya Adat Bangka Belitung

Sebagai Negara bahari yang dikelilingi oleh lautan, Indonesia memiliki banyak sumber makanan laut terutama berbagai jenis ikan. Dengan kandungan gizi yang tinggi, ikan merupakan salah satu makanan utama dalam makanan sehat lima sempurna.

Siapa yang tidak pernah makan ikan ?
Tentunya mustahil bin mustahal bila ada orang Indonesia yang tidak mengenal ataupun belum pernah makan ikan sama sekali.

Namun saat anda makan ikan, tentunya sering terjadi berbagai kasus “tertelan” tulang ikan. Hal ini menyebabkan tenggorokan kita terasa sangat sakit bila tulang ikan tersebut nyangkut di tenggorokan.

Dari berbagai catatan yang ada di Bangka Belitung,  ditemukan solusi untuk mengobati sakit tenggorokan akibat tulang ikan tersebut.

Di Bangka Belitung, bila ada orang yang mengalami hal serupa jarang sekali di bawa ke rumah sakit. Cukup dengan minum air putih, ternyata sakit tersebut dapat hilang bahkan sembuh dengan cepat.

Setelah ditelusuri, ada keunikan yang terdapat pada cara pengobatannya. Tanpa jampi-jampi ataupun do’a anda pun bisa melakukannya.

Cara Pertama :
  • Bila anda menemukan kail atau pancing yang terdapat dalam perut ikan saat anda memasak ikan, ambillah kail atau pancing tersebut. Cuci dan simpanlah baik-baik.
  • Kail atau pancing itu akan sangat berguna ketika anda mengalami sakit tenggorokan akibat tertelan tulang ikan.
  • Cukup dengan merendam kail atau pancing itu kedalam segelas air dalam beberapa saat dan kemudian air itu diminum, akan mengurangi bahkan mengobati sakit tersebut.
  • Cara yang unik dan ajaib ini, kerap dijadikan panduan utama mengobati sakit tenggorokan akibat tertelan tulang ikan.

Menarik bukan ?
Jadi tidak ada salahnya bila anda menemukan kail atau pancing yang tersimpan dalam perut ikan, anda simpan baik-baik. Mungkin suatu saat anda memerlukannya.

Masih tidak percaya ?
Anda dapat mencobanya, yang jelas anda jangan SENGAJA menelan tulang ikan untuk membuktikannya. Karena pengobatan dengan cara tersebut katanya akan berlaku pada saat darurat alias EMERGENCY dan tidak disengaja.

Cara Kedua :
  • Carilah orang yang waktu lahir sunsang (lahir dalam keadaan terbalik). Kejadian seperti ini walaupun jarang kadang terjadi disekitar kita.
  • Untuk kasus sakit tenggorokan karena tulang ikan, pengobatan oleh orang yang lahir sungsang justru lebih mudah.
  • Orang yang lahir sungsang tersebut cukup mencelupkan jarinya kedalam segelas air putih (tentunya jari itu dalam keadaan bersih). Kemudian air putih tersebut diminum oleh orang yang sakit tersebut, secara ajaib akan langsung sembuh dari sakitnya.

Baik cara pertama dan kedua sudah pernah dipraktekkan dan diakui kebenarannya di Bangka Belitung. Namun ada juga yang menggunakan do’a dan literatur melayu lainnya. Dilain kesempatan akan di hadirkan berbagai literatur lain dari Bangka Belitung.

Semoga dapat menambah dan memperkaya khasanah pengetahuan anda .
Salam hangat selalu …
By. Didi (dukonbesar.com)

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment