Thursday, 17 May 2012

Rusip Bangka, Hmmmmmm Bikin Ngiler

Rusip Bangka
Makanan khas ini terbuat dari bahan dasar ikan bilis yang sebelum pembuatannya dicuci hingga bersih dan ditiriskan secara steril lalu dicampur dengan garam yang komposisinya seimbang. Agar aromanya menjadi harum dan wangi ditambahkan gula kabung. Adonan ini harus ditutup dengan wadah yang rapat agar tidak tercampur dengan benda asing apapun. Dahulu saat proses pembuatan adonan makanan ini ditempatkan dalam guci yang bermulut sempit. Suhu ruangan harus benar benar dijaga. Makanan ini dapat dimasak dulu atau dimakan langsung dengan lalapan.

Cara pembuatannya ada beberapa tahap, mulai dari membersihkan ikannya, terus mencampurkannya dengan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti garam lalu dimasukkan kedalam wadah yang kedap udara.Setelah proses diatas selesai, kita hanya menunggu hingga ikan tersebut cukup lembut atau masak. Kurang lebih  sekitar seminggu hingga 2 minggu waktu yang diperlukan untuk permentasi rusip ini. Penyajiannya juga ada dua macam, yaitu dengan disajikan langsung atau digoreng terlebih dahulu. Biasanya rusip disajikan dengan ditambahkan lalapan seperti daun singkong dan mentimun.

Rusip ini memiliki aroma yang sangat menyengat sehingga bagi yang tidak terbiasa akan menyebabkan sedikit rasa mual. Namun bagi yang sudah terbiasa dengan makanan yang satu ini akan sulit dilupakan karena rasanya yang sangat berbeda dari makanan yang lain. Selain itu, bentuk ataupun wujud dari makanan ini sangat ekstrim bagi yang tidak terbiasa.

Reaksi:

1 komentar:

  1. rusip makanan penuh kontroversi, bagi yang suka akan bilang enak, bagi yang tidak suka bisa muntah karena dilihat dari bentuk fisiknya rusip seperti muntahan kucing!!!

    ReplyDelete