Home » , » Kopiah Resam, Kerajinan Tangan Bangka

Kopiah Resam, Kerajinan Tangan Bangka

Posted by Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai on Sunday 20 May 2012

sungko/kopiah resam

Sungkok atau kopiah resam merupakan salah satu kerajinan khas dari Bangka. Kerajinan ini terbuat dari bahan resam. Resam yang merupakan tumbuh-tumbuhan perdu tergolong dalam bangsa pakis-pakisan. Resam banyak tumbuh di hutan dan semak-semak di sekitar desa dan perkampungan di Bangka.

Tumbuhan resam dapat tumbuh sampai ketinggian 1,5 meter.kopiah resam banyak dimintai masyarakat pada saat perayaan besar agama Islam dan kopiah resam dijadikan cindramata bagi masyarakat Bangka yang akan mengunjungi sanak famili mereka ke luar daerah.

Kopiah resam merupakan kerajinan tangan masyarakat Bangka yang dilakukan secara tradisional dan membutuhkan ketelitian dan kesabaran, bahan baku kopiah resam dari akar-akar resam yang mudah didapat di hutan Bangka dan pembuatannya memakan waktu lama karena melalui proses pengeringan akar dan memilah-milah akar menjadi lebih halus seperti benang.

Kerajinan resam biasanya didatangkan dari Desa Pedindang, Payung dan Sangir (Bangka Tengah) namun yang sangat terkenal kopiah resam dari Sangir karena kwalitasnya bagus.

tumbuhan resam
Pembuatan kopiah resam diawali dengan proses pemisahan serat resam dari batangnya. serat resam tersebut kemudian diserut sesuai kebutuhan yaitu serat halus dan serat kasar. Kemudian serat resam di rendam dalam air lebih kurang 3 (tiga) hari. setelah direndam, bahan resam dikeringkan seperlunya.

Proses selanjutnya adalah penganyaman. Penganyaman pada umumnya dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri. Lamanya penganyaman sangat tergantung dari halus dan kasarnya produk yang diinginkan. Biasanya sekitar 1 minggu hingga 3 bulan (12 minggu). Langkah selanjutnya, kopiah resam yang sudah selesai dianyam dilakukan penyamakan dengan getah pohon tertentu. Untuk hasil yang terbaik , penyamakan dilakukan berulang-ulang kali.

Thanks for reading & sharing Bangka Belitung Negeri Serumpun Sebalai

Previous
« Prev Post

4 komentar:

  1. ini kalau boleh tau bangkanya dimna ya?

    ReplyDelete
  2. kalau mau menampilkan kerajinan lain khas bangka tengah gimana ya??

    ReplyDelete
  3. Maaf bang,boleh mnta no hp nya.. sya boleh beli bahan resam nya aja??

    ReplyDelete
  4. Maaf bang,boleh mnta no hp nya.. sya boleh beli bahan resam nya aja??

    ReplyDelete

Provinsi Kep. Bangka Belitung